• Jum. Mar 29th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Jelang Puncak Peringatan HUT ke 77 TNI, Kodam IX/Udayana Ziarah Ke TMP Pancaka Tirta

ByMBP-NEWS

Okt 4, 2022

TABANAN, bhayangkaraperdananews.com – Wujud bakti dan penghormatan kepada Pahlawan, menjelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia yang jatuh setiap tanggal 5 Oktober, Kodam IX/Udayana selalu menggelar Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP).

Demikian halnya pada hari ini, Selasa (4/10/2022) bertempat di TMP Pancaka Tirta Tabanan, Kodam IX/Udayana melaksanakan Upacara Ziarah Rombongan dalam rangka peringatan HUT ke 77 TNI Tahun 2022 yang dipimpin oleh Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto, S.I.P.

Rangkaian Upacara Ziarah Rombongan diawali dengan penghormatan kepada arwah Pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di Monumen TMP Pancaka Tirta oleh Inspektur Upacara, doa dan diakhiri penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan. Selanjutnya Pimpinan Ziarah bersama para peserta upacara menuju pusara para Pahlawan untuk melaksanakan tabur bunga.

Selain sebagai bagian dari peringatan HUT ke 77 TNI, Upacara Ziarah yang dilaksanakan ini juga adalah untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur pada saat masa revolusi demi kemerdekaan Indonesia.

Demikian juga seperti kutipan pidato Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang menyebutkan ‘Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah’ atau biasa disebut dengan ‘Jas Merah’. Hal ini juga sebagai bukti kebesaran Bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan.

Ziarah rombongan yang diakhiri dengan pengisian buku tamu oleh Pimpinan Ziarah Rombongan tersebut dihadiri oleh para Pejabat TNI bersama Prajurit dan PNS TNI seGarnizun Denpasar serta Ibu-ibu Persit, Jalasenastri dan PIA Ardyagarini. (MBPN-Arda Oka /Pendam IX/Udy)