• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kampanye Membaca Aceh Singkil Antusias Diikuti Pegiat Literasi Dan Masyarakat

ByMBP-NEWS

Jun 18, 2022

ACEH SINGKIL,Bhayangkaraperdananews.com Masyarakat beserta seratusan mahasiswa, siswa, dan pegiat Literasi Aceh Singkil sangat antusias mengikuti Kampanye Memabaca yang digelar dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov.Aceh di gedung Seni Budaya, Pulo Sarok, Aceh Singkil,(16/6/22).

Kampanye membaca dalam rangka meningkatkan budaya baca serta pengetahuan Literasi Masyarakat itu, menghadirkan narasumber Bund PAUD Aceh, DR Dyah Erti Idawati, dari media Sermbi Indonesia, Yarmen Dinamika, dan akademisi Universitas Syah Kuala(USK), Herman RN.

Kegiatan ini juga dihadiri Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, DR Edi Yandra, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Dandim 0109/Singkil, Letkol CZi Rizal Desriansyah, dan Forkopimda lainnya, Kepala SKPK, serta Guru dari SMP, SMK, SMA dan MAN.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, menympaikan dalam smbutannya saat membuka acara mengatakan, bahwa Membaca itu sangat penting dan sangat menentukan kecerdasan masyarakat.

“Masyarakat yang cerdas , pintar, dan berwawasan, adalah masyrakat yang gemar membaca,” ucap Dulmusrid.

Karena itu, Dulmusrid, mengimbau para generasi muda supaya tetap gemar membaca ditengah-tengah gempuran Teknologi handphone Sekarang ini.

Sementara itu kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, DR Edi Yandra mengatakan bahawa minat baca masyarakat di Provinsi Aceh masih rendah.

Namum demikian, budaya baca harus terus digalakkan. Salah satu cara Kata Edi Yandra, mensosialisasikan pentingnya membaca.

” Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya. Dengan buku kita mengetahui informasi yang berguna bagi kehidupan,” ujar Edi Yandra.

Salah seorang peserta Kampanye Membaca dari mahasiswa STIP Yashafa Aceh Singkil, Siti Fatimah, mengatakan, Pemuda-pemudi Aceh Singkil sangat antusias menyambut Adanya kegiatan Kampanye Memabaca itu.

“Kami sudah melek baca dan semakin menumbuhkan minat baca di daerah kita ini. Kami sekarang sngat perlu dukungan dan rangsangan untuk memacu semangat supaya lebih gemar membaca dan menulis,” tutup, Siti Fatimah.

Di penghujung acara, peserta Kampanye Membaca yang dipandu pembina FAMe, Yarmen Dinamika, dan guru FAMe, DR Herman RN, mendeklarasikan pembentukan FAMe Chapter Aceh Singkil sebagai Chapter ke-9 FAMe di Aceh. (MBPN_A1/02.HT)