• Ming. Jan 29th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kemendagri Dorong Optimalisasi Peran BAZNAS dalam Program Pengentasan Kemiskinan

ByMBP-NEWS

Des 20, 2022

JABAR, bhayangkaraperdananews.com – Padang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong optimalisasi peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada setiap daerah di Indonesia untuk program pengentasan kemiskinan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro pada Acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) 2022 di Santika Premiere Hotel, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (19/12/2022).

“Jadi kalau semua daerah bahu-membahu dengan BAZNAS, berupaya meyakinkan kepada wajib zakat kaum muslimin, terkumpul dananya, kemudian dana zakat itu disalurkan, ya sudah pasti bisa membantu orang miskin yang programnya pengentasan kemiskinan,” ujar Suhajar.

Dia menjelaskan, zakat sangat potensial untuk membantu program pengentasan kemiskinan. Akan tetapi potensi tersebut belum tergali secara optimal. Karenanya, selain pembayaran zakat oleh pegawai negeri muslim lewat zakat penghasilan, Pemda diharapkan dapat mendorong penyaluran zakat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lewat BAZNAS setempat.

Dalam konteks ini, kata dia, penerima zakat merupakan asnaf atau orang dengan kategori tertentu yang memenuhi kriteria penerima manfaat zakat, berbasis pada data pemerintah daerah, misalnya masyarakat yang masuk ke dalam kategori kemiskinan ekstrem.

“Ini adalah untuk mendorong kita semua pemerintah daerah membantu BAZNAS di daerah, mengoptimalkan pemungutan zakat yang dibayarkan kepada orang miskin, (ini) berdampak positif untuk menurunkan angka kemiskinan di daerah masing-masing,” tuturnya.

Dengan adanya BAZNAS yang mengelola zakat dengan profesional dan sejalan dengan program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, Suhajar berharap kerja sama antarlembaga dapat dikembangkan. (MBPN-M.yus)