• Ming. Sep 26th, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor Tahun 2021

Byadmin

Agu 6, 2021

JABAR, bhayangkaraperdananews.com – Dalam rangka berpartisipasi aktif dalam “Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban” Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor pada Tahun 2021 telah melaksanakan penyusunan Rencana Kerja dan melakukan perubahan terhadap Renstra Tahun 2018-2023 agar nantinya berkesesuaian dan sejalan dengan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2018-2023:

  • Forum Perangkat Daerah terkait dengan Rencana Kerja Dispora Tahun 2021 dilaksanakan di Hotel Grand Orri Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor pada tanggal 22 Maret 2021. Pelaksanaan dilakukan secara offline dan online melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan, KONI, NPCI, KWARCAB Pramuka, KNPI, dan BAPOPSI serta stake holder kepemudaan dan keolahragaan di Kabupaten Bogor;
  • Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan perubahan Renstra Tahun 2018-2023. Kegiatan dilakukan di ruang rapat Dispora Lantai 2 pada tanggal 16 April 2021.  

BIDANG LAYANAN KEPEMUDAAN

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya pemuda yang memiliki daya saing dan kompetitif, Dispora sudah melaksanakan berbagai program dan kegiatan seperti:

  • Seleksi dan Pembentukan Paskibraka dan Pasukan 45 Tingkat Kabupaten Bogor. Peserta yang mendaftarkan sebanyak 120 orang dari unsur Paskibraka tingakt Kecamatan se-Kabupaten Bogor yang merupakan kelas X di Sekolahnya. Akhir kegiatan ini akan menentukan 36 orang anggota Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (CAPASKA) Kabupaten Bogor. Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 24-25 Maret 2021, Gelombang II pada tanggal 25-27 Maret 2021. Kegiatan dilakukan di Stadion Pakansari. Penentuan Akhir dilaksanakan pada tanggal 29-30 Maret 2021 di Wisma Atlet PPOPM Kabupaten Bogor;
  • Pelatihan Wawasan Kebangsaan Bagi Pemuda. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-10 April 2021 yang dibagi menjadi dua Angkatan dengan jumlah peserta 60 orang. Lokasi pelatihan dilaksanakan di Hotel Rizen Premier Kecamtan Cisarua Kabupaten Bogor
  • Traning of Trainer (TOT) Penyuluhan, Pencegahan, Penanggulangan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dilaksanakan di Hotel Cahaya Village Puncak, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Kegiatan dibagi menjadi 3 angkatan yaitu: Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2021, Angkatan II dilaksanakan pada tanggal 5 April 2021, dan Angkatan III dilaksanakan pada tanggal 8 April 2021;

Peserta terdiri dari pemuda desa, Forum Komunikasi Pemuda P4GN Kabupaten Bogor dan Gerakan Pramuka Anti Narkoba (Gappana) yang berjumlah 30 orang setiap angkatan.

  • Penyuluhan, Pencegahan Dan Pembinaan Kenakalan Remaja, dilaksanakan sebanyak 2 Angkatan yaitu: Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2021, Angkatan II dilaksanakan pada tanggal 07-09 Juni 2021 di Hotel Cahaya Village Puncak, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Masing-masing angkatan berjumlah 30 orang.
  • Pembinaan dan Penyadaran Pemuda dalam Iman dan Taqwa (Imtaq), dilaksanakan menjadi 2 Angkatan yaitu: Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 20-23 April 2021, dan Angkatan II dilaksanakan pada tanggal 27-30 April 2021, masing-masing angkatan berjumlah 30 orang peserta. Kegiatan berlokasi di Hotel Accram Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor.

Kemudian dalam rangka mendukung pencapaian Karsa Bogor Cerdas, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dispora memberikan penghargaan untuk menumbuhkan harapan dan motivasi bagi pemuda berprestasi agar bisa terus menempuh pendidikan sampai ke jenjang Pendidikan tinggi melalui program pemberian Beasiswa Pancakarsa dengan target 1200 orang. Informasi mengenai Beasiswa Pancakarsa dapat diakses melalui situs resmi beasiswapancakarsa.bogorkab.go.id.

Launching Beasiswa Pancakarsa tersebut diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan Grand Final Bogor Leaders Talk 2021 yang merupakan ajang mendiseminasikan Program Pancakarsa pada kalangan millennial sekaligus menghimpun aspirasi, ide kreatif dan gagasan kaum millenial untuk pembangunan Kabupaten Bogor. “Event bogor leaders talk ini juga merupakan salah satu bentuk Musyawarah Rencana Pembangunan atau Musrenbang kolosal dengan konsep virtual, dimana aspirasi, ide atau gagasan kreatif dan progresif kaum millennial Kabupaten Bogor yang terpilih akan menjadi bagian rekomendasi dan bahan kajian Pemerintah Daerah dalam merancang pembangunan Kabupaten Bogor.

BIDANG PEMBUDAYAAN OLAHRAGA

Dalam rangka melestarikan budaya olahraga, Dispora telah melaksanakan program dan kegiatan seperti:

  • Bimbingan Teknis Pembinaan Olahraga Tradisional Jenjang Paud dan Sekolah Dasar (SD), kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 Angkatan yaitu: Angkatan I (Jenjang PAUD) dilaksanakan pada tanggal 05-07 April 2021 di Hotel Accram, Angkatan II (Jenjang SD) dilaksanakan pada tanggal 07-09 April 2021 di Hotel Accram, Angkatan III (Jenjang SD) dilaksanakan pada tanggal 07-09 Juni 2021 di Megamendung Permai Hotel Resort, dan Angkatan IV (Jenjang SD) dilaksanakan pada tanggal 09-11 Juni 2021 di Megamendung Permai Hotel Reasort. Jumlah peserta tiap Angkatan sebanyak 40 orang.

Narasumber kegiatan berasal dari Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI Bandung, FORMI Kabupaten Bogor dan FORTINA Jawa Barat.

  • Bantuan Peralatan Olahraga Tradisional untuk Sekolah Dasar (SD). Peralatan yang diberikan: Sumpitan, mata sumpitan, standing frame, sasaran tembak dan bantalan sasaran tembak. Peralatan ini diberikan kepada 40 Sekolah Dasar.

Kemudian dalam rangka menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan Prestasi Olahraga Kabupaten Bogor, telah dilaksanakan:

  • Seleksi penerimaan calon Atlet UPT. PPOPM. Pembukaan pendaftaran dilakukan mulai tanggal 25 April – 9 Mei 2021. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 305 orang dengan peserta yang diterima dan dinyatakan lolos seleksi sebanyak 74 orang.

BIDANG PENINGKATAN PRESTASI OLAHRAGA

  • Pelatihan, Pengembangan dan Pembinaan Tenaga Keolahragaan, dilaksanakan pada tanggal 25 Maret – 10 April 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang setiap cabang olahraga. Terdiri dari tiga cabang olahraga 4 kegiatan yaitu Senam, Bulu Tangkis, Sport Science I dan Sport Science II. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Pesona Caringin dan Hotel Megamendung Permai. (MBPN-Myus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *