• Sel. Mei 17th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

KULIAH UMUM : Penerapan Restorasi Of Justice Dalam Penegakan Hukum

Byadmin

Jan 22, 2022

SALATIGA, bhayangkaraperdananes.com – Nusantara Training and Research (NTR) bekerjasama dengan Polres Salatiga menggelar kuliah umum dengan tema Penerapan Restorasi Of Justice Dalam Penegakan Hukum. Kuliah umum ini diinisiasi oleh NTR sebagai Lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan, pelatihan dan riset menggandeng Lembaga kepolisian dalam hal ini Polres Salatiga untuk bekerjasama memberi sumbangsih pengetahuan terkait dengan perkembangan hukum di Indonesia. Kuliah umum ini diadakan sebagai sarana berbagi informasi dan sosialisasi terkait dengan restorasi justice dalam tatanan hukum di Indonesia. 

Narasumber tunggal yakni Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana, S.H., S.I.K., M.Si. memberikan ulasan yang sangat rinci terkait dengan restorative justice dalam kedudukan dan tata hukum di Indonesia. Dalam paparannya, beliau memaparkan terkait tentang dinamika hukum yang berkembang di Indonesia, sampai munculnya restorative justice dalam penegakan hukum di Indonesia. Tidak lupa dibahas pula terkait dengan definisi, konsep, prinsip, tujuan dan landasan dilaksanakannya restorative justice di Indonesia.

Acara ini diikuti dengan antusias oleh berbagai kalangan. Baik dari kalangan kepolisian, TNI, mahasiswa dan masyarakat umum. Beragam kalangan dapat hadir menikmati sajian materi dari Kapolres Salatiga karena acara tersebut dilaksanakan secara virtual. Ruang virtual yang dapat diakses oleh semua orang memberikan kemudahan untuk dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Dalam materi penutupnya, Kapolres Salatiga selaku pemateri memberikan penjelasan dan harapan terkait dengan penerapan restorative justice dalam penegakkan hukum di Indonesia. Konsep Restorative Justice ini dapat dijadikan bagian dari pembaharuan hukum pidana di Indonesia di masa yang akan datang, tandasnya.

Seusai acara tersebut, Meida Rachmawati, M.M., M.H., selaku Direktur Nusantara Training and Research memberikan pernyataan bahwa acara-acara seperti ini perlu digalakkan di kalangan masyarakat luas, supaya sosialisasi dan publikasi terkait dengan peraturan, kebijakan maupun produk hukum sampai kepada masyarakat secara luas. Nusantara Training and Research sebagai Lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan akan secara berkesinambungan mengadakan acara serupa, dengan bermitra dari berbagai Lembaga, baik Polri, Pemerintah Daerah, Kementerian dan lain sebagainya, untuk dapat memberikan pendidikan kepada masyarakat terkait dengan beragam kebijakan dan lain sebagainya. Harapannya melalui acara-acara tersebut, Nusantara Training and Research dapat berkontribusi secara nyata kepada masyarakat. Demikian penuturan dari direktur NTR.

Oleh : Fibry Jati Nugroho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.