• Ming. Feb 5th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Mendagri: Inovasi Mendongkrak Negara untuk Melompat Semakin Maju

ByMBP-NEWS

Des 23, 2022

JABAR, bhayangkaraperdananews.com – Jakarta, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menilai, adanya inovasi bakal mendongkrak negara untuk melompat dan semakin maju. Hal ini telah dibuktikan Indonesia, yang mampu menjadi anggota G20. Bahkan, beberapa waktu lalu Indonesia juga dipercaya menjadi Presidensi G20 tahun 2022 di Bali.

“Itu bukan suatu yang main-main. Negara yang dulunya berkembang, merdeka tahun 1945, yang tadinya tingkat kemiskinannya sangat tinggi, middle classnya rendah, negara yang mungkin tidak banyak dihitung, tapi sekarang menjadi puncak pemimpin negara 20 negara (ekonomi) terbesar di dunia,” ujar Mendagri pada Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 di Gedung Sasana Bhakti Praja (SPB), Jumat (23/12/2022).

Di samping capaian tersebut, Indonesia juga dipercaya menjadi Presidensi Asean pada 2023. Mendagri menilai, torehan itu merupakan pengakuan dunia terhadap prestasi bangsa Indonesia. Berbagai pengakuan tersebut tak lepas dari inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Dia menambahkan, menurut data yang dikantongi Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tren inovasi di tiap-tiap daerah dari tahun ke tahun mengalami perkembangan. Pada 2020 terdapat 17.779 inovasi daerah yang naik menjadi 25.124 inovasi pada tahun 2021. Kemudian, pada tahun 2022 meski di tengah situasi pandemi Covid-19, capaian inovasi daerah justru naik menjadi 26.900 inovasi.

Mendagri berharap, adanya gelaran IGA dapat memacu iklim kompetitif bagi pemerintah daerah (Pemda). Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap inovasi di daerah. Dengan adanya iklim kompetisi itu, Pemda dapat semakin termotivasi dan bersaing secara sehat untuk memperoleh penghargaan.

“Kita harapkan dengan adanya reward-reward seperti ini juga masyarakat bisa melihat siapa pemimpin yang baik, yang bagus. Siapa pemimpin yang business as usual, bekerja rutin-rutin saja,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengapresiasi Pemda yang telah melakukan inovasi. Dirinya mendorong daerah semakin meningkatkan iklim kompetisi dalam berinovasi. Sebab, terkadang inovasi yang digagas oleh daerah juga direplikasi oleh pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan acara ini akan dapat mendongkrak dan memotivasi rekan-rekan semua di daerah. Kita ingin menciptakan iklim kompetitif antardaerah juga (dalam berinovasi),” tandasnya. (MBPN-M.yus)