• Kam. Jun 13th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Pangdam IV/Diponegoro Hadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 Wilayah Jateng

ByMBP-NEWS

Apr 12, 2023

SEMARANG, bhayangkaraperdananews.com – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono hadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan pengamanan arus mudik maupun arus balik Tahun 2023 di wilayah Jateng, bertempat di Rama Sinta Ballroom Hotel Patra, Semarang. Rabu (12/4/2023).

Sesuai dengan tema yang diangkat “Polri, TNI dan Pemerintah Daerah serta Stakeholder Penyelenggara Siap Wujudkan Mudik Aman dan Berkesan”, Rakor Lintas Sektoral dilaksanakan guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Pada sambutannya Pangdam mengatakan Kodam IV/Diponegoro telah menyiapkan 3.860 personel yang tersebar di seluruh Komando kewilayahan, dengan dibawah kendali Dandim. Nantinya Prajurit tersebut akan ikut mem-BKO tugas dari Kepolisian, Satpol PP maupun unsur Pemerintah Daerah lainnya yang melaksanakan pengamanan arus mudik maupun arus balik.

Selanjutnya Kodam IV/Diponegoro juga telah menyiagakan 1.080 personel yang nantinya akan stanby di satuan masing masing untuk siap bergerak membantu pelaksanaan arus mudik maupun arus balik lebaran.

“Kita tidak tahu apa yang terjadi nantinya apakah berjalan sesuai dengan skenario yang sudah dibuat atau terdapat gejolak yang mungkin harus diantisipasi, namun apabila dibutuhkan mereka siap bergerak” Ujar Pangdam.

Selain personel, Kodam IV/Diponegoro juga telah menyiapkan kendaraan kendaraan pendukung kelancaran arus mudik seperti ambulance maupun kendaraan penarik.

“Intinya Kodam IV/Diponegoro siap mendukung jajaran Kepolisian maupun Pemerintah Daerah untuk mensukseskan arus mudik maupun arus balik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H”, Tegas Pangdam.

Semoga dengan upaya upaya yang dilakukan, perayaan Idul Fitri 1444 H dapat berjalan dengan kondusif serta masyarakat yang melakukan mudik dapat berjalan dengan aman, lancar, dan berkesan”. Tutupnya.

Rakor dihadiri oleh Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., Kajati Jateng Dr. I Made Suarnawan, SH., MH., serta seluruh Forkopimda Jateng. (MBPN-Sunarno/Pendam IV/Diponegoro)