• Ming. Nov 27th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Panglima TNI Tinjau Latihan TFG KTT G20 Tingkat Kogabwilhan Yang Digelar Kodam IX/Udayana

ByMBP-NEWS

Sep 30, 2022

Denpasar, bhayangkaraperdananews.com – Pelaksanaan Presidensi G20 yang digelar di Provinsi Bali sudah semakin dekat. Segala macam yang berkaitan dengan pengecekan kesiapan dan evaluasi terkait persiapan pengaman dan evakuasi terus dilakukan oleh seluruh Dansatgaspam dan Instansi terkait lainnya, sehingga menjadi perhatian khusus Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D.

Terkait hal tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., mendampingi Pangkogabwilhan II, Pangkoopsud II bersama Kapolda Bali, Danlanud Ngurah Rai dan Danlanal Denpasar menyambut kedatangan Panglima TNI yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan menggunakan pesawat khusus TNI AU untuk melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah Kodam IX/Udayana, pada Jumat (30/9/2022).

Kunker Panglima TNI tersebut diagendakan untuk meninjau Posko Kodam IX/Udayana dan menyaksikan langsung pelaksanaan latihan Tactical Floor Game (TFG) Pengamanan Presidensi G20 tingkat Kogabwilhan yang dilaksanakan di GOR Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, guna memastikan rangkaian pengamanan Presidensi G20 sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Satgaspam termasuk Satgas Evakuasi.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgaspamwil) KTT Presidensi G20 secara langsung memaparkan tugas pengamanan diawali dengan melaporkan tugas pokok yang dilaksanakan Satgaspamwil guna mensukseskan kegiatan KTT Presidensi G20 yang dilaksanakan di Provinsi Bali.

“Satgaspamwil dalam pelaksanaan tugas pengamanan, membawahi 5 Subsatgas yaitu Subsatgas Lakir, Subsatgas Route, Subsatgas Tempat Kegiatan, Subsatgas Penginapan dan Subsatgas Cadangan,” sebut Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menjelaskan tugas dan perkuatan personel, Alkap serta lokasi yang sudah ditentukan dari para Subsatgas pengamanan KTT Presidensi G20. Ploting penempatan kekuatan dari TNI dan Polri yang melaksanakan pengamanan telah ditentukan mulai dari kedatangan lokasi tempat acara sampai dengan kembalinya Delegasi kegiatan KTT Presidensi G20.

Mengakhiri Latihan TFG, Panglima TNI memberikan evaluasi dan penekanan dengan mengatakan bahwa kegiatan TFG pertama ini sudah terlihat tugas dari para Dansatgas. Diharapkan kepada Satgas Laut, Udara, Pam Bandara dan Pelabuhan agar terus melaporkan segala perkembangan maupun dinamika yang terjadi, sehingga pengamanan peserta G20 tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan.

Selesai meninjau Latihan TFG, selanjutnya Panglima TNI melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Al Amin Asrama Praja Rakcaka Kepaon, kemudian menuju ke Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk kembali take off ke Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan menggunakan pesawat khusus TNI AU. (MBPN-Arda Oka/Pendam IX/Udy)