• Ming. Jun 20th, 2021

PDKT ( Podcast Kesehatan Terkini ) RSUD Ciawi

Byadmin

Jun 9, 2021

JABAR, bhayangkaraperdananedws.com – Kebutuhan akan informasi dan kemudahan akses yang mudah dan cepat semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi informasi akhir-akhir ini. Apalagi dimasa pandemi Covid 19 saat ini, pengembangan metode promo dan edukasi  yang mudah diakses dan dipahami terutama dalam memahami materi edukasi  yang disampaikan Narasumber  melalui metode daring menjadi kebutuhan yang mendesak. Beberapa metode edukasi dan promo  online dengan sistem syncronized (tatap muka online) dan unzyncronized (tatap muka offline) sudah banyak dikembangkan. Metode tatap muka online banyak dilakukan menggunakan berbagai platform seperti webex, zoom dan google meet. Metode tersebut memungkinkan pasien  berinteraksi langsung dengan dokter  dapat menjelaskan  edukasi dan pasien bisa dapat langsung memberikan komentar atau pertanyaan ( konsultasi ).

Interaksi penyampaian dan pemahaman materi edukasi dan promosi layanan kesehatan dapat berjalan baik dengan memberikan strategi edukasi kesehatan dan strategi layanan kesehatan pada masa pandemic Covid 19 saat ini  yaitu menggunakan alat bantu perangkat lunak yang dikenal dengan podcast.

Podcast adalah siaran streaming yang disampaikan melalui audio Visual. Dulu untuk mendapatkan podcast lebih sulit dibandingkan zaman sekarang, karena terkendala akses internet. Jadi, kebanyakan para pendengar harus mengunduh terlebih dahulu podcast tersebut. Bahkan, awalnya harus berlangganan podcast terlebih dulu. Podcast juga dulunya hanya dapat digunakan pada Iphone atau Ipad. Namun semakin kesini, podcast sudah dapat diakses dari berbagai jenis sistem operasi, baik android ataupun windows.

RSUD Ciawi mempunyai program podcast yang dinamakan dengan PDKT yaitu Podcast kesehatan terkini Rsud Ciawi. Ada sebutan khusus untuk para pendengar podcast ini, yaitu HEALTHIZEN, sebutan ini untuk masyarakat yang mengikuti dan menyimak info yang di berikan oleh Rsud Ciawi.

Podcast merupakan salah satu bukti dari kemajuan teknologi. Digital Marketing, maka dari itu RSUD Ciawi melihat peluang itu untuk edukasi tentang kesehatan dan mempromosikan layanan kesehatan yang dimiliki RSUD Ciawi. PDKT ( Podcast Kesehatan Terkini ) merupakan hasil kolaborasi dari beberapa bagian seperti UPK ( Unit Pemasaran dan Kerjasama ),Instalasi PKRS ( Promosi Kesehatan Rumah Sakit ),Instalasi Diklat (pendidikan dan pelatihan), dan Instalasi SIM RS ( Sistem Informsi Menejemen Rumah Sakit ) yang diketuai oleh dr. Ajeng Normala, Sp.OG

PDKT ini di siaran secara langsung melalui akun Sosial Media RSUD Ciawi seperti Instagram , Facebook , youtube ,  yang jadwal penayangan program rutin 2 minggu sekali setiap bulan nya. PDKT ini bertujuan untuk edukasi tentang kesehatan dan mempromosikan layanan kesehatan yang dimiliki RSUD Ciawi  kepada Healthizen dan Civitas Hospitalia RSUD Ciawi. (MBPN-M.Yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *