• Sen. Jun 14th, 2021

Pemkab Mesuji serahkan Hibah Tanah Kepada TNI (Korem 043/Gatam) Untuk Pembangunan Kompi “B” Yonif 143/TWEJ

Byadmin

Jan 27, 2021

Bhayangkara perdana news Mesuji, Penyerahan Hibah Tanah Milik Pemerintah Kab. Mesuji,Kepada TNI (Korem 043/Gatam) Untuk  Pembangunan Kompi “B” Yonif 143/TWEJ, acara penyerahan bertempat di Aula Kantor Bupati Mesuji, lantai III Desa Wiralaga mulya Kec. Mesuji Kab. Mesuji, Rabu 27 Januari 2021 pukul 10.52 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh, Asisten I Guburnur, (Drs, Qodratu Ihwan.MM) Danrem 043/Gatam (Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S.,M.I.Kom)Pasi Intel Kajari TB (Raden Akmal SH)Ketua DPRD Mesuji (Hj,Elfiana)Bupati Mesuji (H.Saply TH)Wakil Bupati Mesuji (Hayati Chandra Lela, S.Sos, MM)Dandim jajaran Korem 043/Gatam,Danyon 143/TWEJ (Mayor Inf Iqbal.T)Sekda (Syamsudin, S.Sos)Staf Ahli Bupati (Drs,Hamdani)Asisten I (Drs. Indra Kesuma Wijaya. MM)Asisten,II (Beddy. SH)Kadis PUPR (Ridwan,S.Sos.MM)Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Drs. Sahril, MH)Kadis Kes (Yanuar Fitriyan, S.Km, M.Kes)Kaban Kesbang Pol (Elvita Krisnawati,  SE, MM)Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kab. Mesuji (Oki Mardana Pratama SH.MH)Camat Mesuji (Iwan Rifai,SH) Camat Tanjung Raya (Komang Sutiaka, S.Ip)Danramil 426-01/Mesuji (Mayor Kav AR.Chaerul.ST)Tokoh Masyarakat (Mat Jaya), dan beberapa kepala desa di kec Tanjung Raya dan Kec. Mesuji.

Acara di buka oleh Bupati Mesuji Hi. Saply Th dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Gubernur Lampung yang dalam hal ini diwakili Asisten Bidang Pemerintahan, Danrem 043/Garuda Hitam, beserta seluruh Dandim se-Provinsi Lampung di Kab. Mesuji “Bumi Ragab Begawe Caram”.

Penandatanganan dan Penyerahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kab. Mesuji dengan Korem 043/Garuda Hitam berupa lahan seluas 20 hektar yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan Kompi B Balayon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya.Upaya penghibahan lahan ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Mesuji kepada TNI. Kami bersama seluruh masyarakat Mesuji sangat menyambut baik dan mendukung pembangunan batalyon di Kabupaten Mesuji. Harapan kami, dengan adanya kompi batalyon mampu meningkatkan keamanan di Kab. Mesuji.

Penyerahan hibah tanah ini merupakan wujud sinergitas antara Pemerintah Kab. Mesuji dan Korem 043/Garuda Hitam. Ini merupakan sinergitas Pemkab Mesuji dan TNI, dan merupakan perwujudan pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Sambutan Danrem 043/Gatam (Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S.,M.I.Kom) menyampaikan, puji syukur kehadirat Tuhan YME telah dilaksanakan penandatanganan surat serah terima tanah hibah seluas 20 Ha untuk Batalyon, Kami juga mendatangkan komandan kodim jajaran Korem 043/Gatam, saya akan belajar mengapa karena saya akan sampaikan kepada Gubernur cara bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dari tokoh yang dimana beliau telah menghibahkan tanahnya kepada TNI, itu semua akan saya sampaikan.

Pertahanan yang kita miliki ada pertahanan militer dan mempunyai doktrin yang di sebut Catur Darma Eka Paksi, dan sekarang ada yaitu Pertahanan Nir Militer “Dwi Bhakti Eka Darma” yaitu sebagai pertahanan: menjadi komponen yang tidak bersenjata.dan menjadi komponen pendukung ancaman militer. Semua ancaman yang berdimensi politik idiologi budaya, semua ancaman diluar Militer, bisa datang dari dalam negeri maupun luar Negeri. pertahanan Nir Militer suatu upaya yang bersifat semesta dalam rangka menjunjung tugas yang dilakukan berdasarkan kesadaran atas dan kewajiban masyarakat dan komponen masyarakat untuk sebagai warga Negara.

Saya sangat memahami siapa beliau yang bisa menjadi Contoh untuk kita semua dan bisa kita ambil hal itu semua  karena belum bisa berjiwa bermasyarakat berbangsa dan bernegarawan.

Pertahanan Militer yang ada dilampung Batalyon tempur yang ada di Natar dan posisi kompi tersebar dan juga ada komando kewilayahan yaitu kodim kodim yang tersebar tiap-tiap kab.

Saya sangat bangga dan mengapresiasi kepada kab. Mesuji betul betul berbangsa dan bernegara dan perlu Pembangunan ini adalah untuk pembangunan kepentingan Negara, dan bukan kepentingan pribadi.

Sambutan Asisten I Prov (Drs, Qodratu Ihwan BY. MM) menyampaikan, Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya penyerahan hibah tanah dari Pemerintah Kab. Mesuji kepada TNI Angkatan Darat untuk kepentingan pertahanan negara wilayah daratan.

Sepanjang garis pantai yaitu 1175 KM dan jumlah pulau besar dan kecil sebanyak 169 buah membuat provinsi Lampung kaya akan potensi dan mengingat begitu strategis Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung bersama-sama Pemerintahan Kabupaten dan didukung oleh Pemerintah Pusat terus-menerus berupaya meningkatkan pembangunan di berbagai sektor dalam mendukung visi misi Lampung Berjaya tentunya pelaksanaan program pembangunan tersebut memerlukan peran aktivitas khususnya situasi yang aman dan kondusif.

Saya menyambut baik dilaksanakannya penyerahan hibah tanah TNI Angkatan Darat dalam hal ini Korem 043/Garuda Hitam untuk kepentingan pertahanan negara, sehingga situasi keamanan yang kondusif dapat dirasakan masyarakat.(MBP-Catur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *