• Sen. Jan 17th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Puncak Hari Armada RI Tahun 2021 Diperingati di Lanal Denpasar Dengan Mengadakan Upacara Militer Dan Syukuran

Byadmin

Des 6, 2021

DENPASAR,bhayangkaraperdananews.com – Dalam rangka Peringatan Hari Armada Tahun 2021 yang jatuh pada tangggal 5 Desember setiap tahunnya, Pangkalan TNI AL Denpasar melaksanakan Upacara memperingati Hari Armada Tahun 2021 bertempat di Gedung I Gusti Ngurah Rai Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, dengan tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju”, Senin (6/12/2021).

Kegiatan Upacara yang dilaksanakan secara sederhana tersebut dengan Irup Komandan Pangakalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., Komandan Upacara (Danup) Kapten Laut (S) Fery Afnan Khusmanto dan Paup Letda Laut (P) Mukali serta pengucap Sapta Marga Serda Kom Alvi.

Dalam Amanatnya Kasal Laksamana TNI Yudho Margono yang dibacakan oleh Irup menyampaikan Peringatan Hari Armada RI tahun ini, yang mengangkat tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera untuk Indonesia tumbuh, Indonesia Maju”, merupakan momentum yang sangat tepat bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut untuk merefleksikan diri, melakukan instrospeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang telah dilaksanakan.

Peringatan ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI. Sebagai Ksatria Pengawal Samudera, Armada RI harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut.

Kita akan membangun kekuatan Armada yang mampu menjaga laut Nusantara dari Sabang sampai Merauke, kekuatan Armada yang deru mesinnya terdengar di laut mediterania. Armada yang ular-ular perangnya berkibar di laut Natuna Utara, di selat Malaka, di perairan Ambalat, di laut Aru, dan di setiap jengkal perairan Indonesia.

Untuk itu, wahai para prajurit jalasena sekalian cintai Armada ini, rawatlah kapal-kapal kalian dengan penuh rasa bangga karena mereka adalah kuda-kuda perang yang akan membawamu menggulung lawan bagaikan badai di lautan, isi diri dengan berlatih, berlatih dan berlatih, buktikan kepada rakyat Indonesia bahwa kalian layak menyandang predikat sebagai “Ksaria Perkasa di tengah samudera “Ghora Vira Madya Jala”.

Kepada seluruh prajurit cakrawati samudera dimanapun berada dan bertugas, kalian yang sedang mengarungi dan menjaga selat Malaka, laut Natuna Utara, perairan blok Ambalat, laut Arafuru, dan di setiap sudut laut nusantara, maupun yang sedang berlayar di laut Mediterania, dengan hati yang tulus, saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesetiaan dan kesungguhan dalam menjalankan setiap tugas, amanah dan kepercayaan yang diembankan oleh negara yang amat kita cintai ini.

Atas nama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut saya menyampaikan “Dirgahayu Armada Republik Indonesia”. teriring doa dan harapan agar Armada RI senantiasa menjadi ksatria pengawal samudera, untuk kejayaan maritim demi Indonesia maju. ingatlah selalu, bahwa kapal perang dibuat bukan untuk ditambat di dermaga, namun untuk berlayar mengarungi ganasnya samudera, agar Bangsa Indonesia dapat hidup dalam damai. Pelaut yang hebat bukan lahir dari lautan yang tenang, tetapi buah dari tempaan ombak dan gelombang, tegasnya.

Usai giat upacara Hari Armada dilaksanakan syukuran di Gedung Serbaguna IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar yang di hadiri oleh Danlanal Depasar, Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana, Seluruh Perwira, Bintara, dan Tamtana serta PNS Lanal Denpasar. Ujar Pen Lanal Denpasar. (MBPN-Nengah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *