• Jum. Jul 19th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Tanggap Bencana, Forkopimda Gelar Apel Kesiapsiagaan

ByMBP-NEWS

Feb 29, 2024

WONOGIRI | bhayangkaraperdananews.com – Guna menghadapi bencana di Kabupaten Wonogiri, bertempat di Alun- alun Giri Krida Bakti Wonogiri telah dilaksanakan Apel kesiapsiagaan tanggap bencana, Kamis (29/2/2024).

Bertidak selaku Komandan Apel, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si menyampaikan, Apel kesiapsiagaan tanggap bencana alam yang diselenggarakan ini, merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah, TNI dan Polri atas bahaya ancaman bencana terutama di wilayah kabupaten Wonogiri serta untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana petugas dilapangan dalam menanggulangi kejadian bencana di wilayah kabupaten Wonogiri. dengan demikian diharapkan, pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan optimal.

Beberapa bulan terakhir ini di beberapa wilayah di Indonesia dihadapkan dengan terjadinya bencana alam mulai dari banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Demikian pula bencana yang terjadi di kabupaten Wonogiri pada tahun 2024, terdapat beberapa kejadian bencana alam, yaitu tanah longsor dan angin putting beliung yang berdampak pada kerusakan rumah warga, hal ini disebabkan wilayah Wonogiri yang mayoritas merupakan perbukitan

“Dengan semakin meningkatnya intensitas bencana, maka upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Wonogiri perlu ditangani secara komprehensif, terpadu dan terkoordinasi antara pemerintah daerah, TNI, Polri, relawan dan masyarakat,” jelasnya

Oleh karena itu marilah kita tingkatkan kesiapsiagaan untuk menaggulangi terjadinya bencana di wilayah wonogiri dengan cepat dan tepat, tugas penanggulanagan bencana bukan hanya tugas BPBD, TNI Polri dan relawan saja, namun menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menanggulangi baik pada saat dan pasca terjadinya bencana alam.

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan apel kesiapsiagaan tanggap bencana alam diharapkan kita saling bersatu padu dan bersinergi dalam pengurangan risiko bencana di Kabupaten Wonogiri agar tidak ada atau meminimalisir korban saat terjadi bencana.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno. Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edy Ristriyono, S.Pd., M.I.P.,Kajari Kab. Wonogiri Porman Patuan Radot, S.H., M.H,Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri yang diwakili Hakim Donni. Para Kepala OPD Kab. Wonogiri. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wonogiri Bahari. Kepala PMI cabang Wonogiri Bp. dr. Dwi Handoyo,M.M. Ketua SAR Wonogiri H Agus Widodo S.H.,M.H.Kepala BPBD Wonogiri Trias Budiono., S.Sos., M.I.Kom.(MBPN//yosep agus)