• Sen. Jun 24th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Tim Unit Tipidter Satreskrim Polres Sragen Sidak Cek SPBU dan Penjualan Seputar BBM, Ini Sasarannya Menjelang Mudik Lebaran 2024

ByMBP-NEWS

Mar 30, 2024

SRAGEN – bhayangkaraperdananews.com -Tim Unit Tipidter Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sragen, sidak terhadap SPBU yang berada di wilayah hukum Sragen dan dipimpin langsung oleh Kanit Iptu Mua’lim, S.H. yakni melakukan pengecekan dan pemantauan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 41.572.01 Rest Area 519A dan SPBU Pertamina 41.572.02 Rest Area 519B di wilayah Kabupaten Sragen Jawa Tengah, Jumat (29/3/2024) siang.

Data yang dihimpun, sidak tersebut upaya dalam menghadapi momen penting seperti mudik lebaran, Polres Sragen sangat serius dalam memastikan masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang baik dan adil, terutama dalam hal pembelian BBM.

Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam, H.SH.,SIK.,MSI melalui Kasat Reskrim Akp Wikan Sri Kandoyo SH, mengatakan hal itu merupakan langkah preventif yang intensif menjelang pelaksanaan mudik lebaran 1445 hijriyah. Disamping itu, merupakan upaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif. Maka, Polres Sragen melakukan pengecekan ke SPBU serta pengecer BBM yang tersebar di Kabupaten Sragen.

Dia menambahkan, pengecekan tersebut merupakan upaya pencegahan menyikapi beberapa insiden tindak pidana, dan praktik kecurangan yang terjadi di sejumlah SPBU. Dan termasuk kasus pencampuran air dalam penjualan bahan bakar minyak (BBM).

“Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk memastikan tidak beredarnya BBM oplosan atau merk palsu. Dan memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan lainnya yang dapat merugikan masyarakat. Selama pengecekan dilakukan, kami memberikan imbauan kepada pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat. Kami ingin memastikan setiap transaksi pembelian BBM di SPBU berjalan dengan jujur dan transparan,” tegasnya.

Dijelaskannya, tidak hanya melakukan pengecekan secara langsung di lapangan, Polres Sragen juga berencana untuk meningkatkan patroli dialogis ke SPBU. Hal itu, guna untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas. Langkah-langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya preventif dan proaktif Polres Sragen dalam memastikan keamanan serta kenyamanan masyarakat saat menjelang dan selama masa mudik lebaran tahun 2024.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga keamanan bersama. Sehingga momen mudik lebaran dapat dilalui dengan lancar dan aman bagi semua pihak,”ucapnya.

Langkah-langkah ini, tentunya diharapkan situasi keamanan di Kabupaten Sragen dapat terus terjaga dengan baik, sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah mudik lebaran dengan tenang dan nyaman.

Sementara itu, Kanit Tipidter Mua’lim, SH menambahkan bahwa stok BBM di SPBU di wilayah Kabupaten Sragen dipastikan aman selama bulan Ramadhan dan libur panjang Idul Fitri 1445 H.

“Himbauan juga kami berikan terhadap pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat. Sehingga para warga pemudik dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara serta mendapatkan pelayanan yang baik saat mengisi BBM di masing-masing SPBU wilayah Sragen,” ujarnya.

Masih menurutnya, dalam giat pengecekan yang dilakukan bersama anggotanya tidak ditemukan terkait adanya dugaan pelanggaran atau penyalahgunaan BBM. Dia mengungkapkan, untuk stok BBM baik Solar, Pertalite dan Pertamax masih terpantau aman serta diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat dalam melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri.

“Giat lain kami pada dasarnya 2 hari yang lalu kita juga telah melakukan pengecekan tera oleh UPTD Metrologi di Sragen, yaity dengan hasil sudah sesuai takaran.” pungkasnya. (MBPN-Bibit/Awi)