• Sen. Jun 24th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Antisipasi ganguan kamtibmas malam hari, Polres Semarang tingkatkan Patroli

ByMBP-NEWS

Mar 19, 2024

KAB. SEMARANG | bhayangkaraperdananews.com – Bulan suci Ramadhan 1445 H/ tahun 2023 di wilayah Kab. Semarang, Polres Semarang beserta jajaran tingkatkan kegiatan Patroli Harkamtibmas di wilayah Kab. Semarang terutama pada jam rawan malam hari hingga menjelang waktu Sahur.
Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., Selasa 19 Maret 2024 dalam kesempatan apel pagi menyampaikan dihadapan seluruh Pejabat utama, perwira serta seluruh personel peserta apel. Berkaitan antisipasi gangguan Kamtibmas, terutama kegiatan remaja yang mengganggu ketertiban lingkungan.

“Di beberapa Polsek jajaran Polres Semarang, beberapa hari lalu telah melakukan langkah antsipasi dengan mengamankan beberapa remaja yang hendak melakukan perang sarung. Hal ini menunjukkan bahwa intensitas kegiatan masyarakat diluar terutama malam hari, sudah mulai meningkat dan dapat menimbulkan kerawanan lingkungan.” Ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan kembali bahwa kegiatan Patroli piket Fungsi di Polres juga ditingkatkan, baik kendaraan dinas maupun piket Reskrim maupun Intel. Dimana dapat melakukan pemantauan dan penindakan secara langsung.

“Kegiatan Patroli juga dilakukan oleh Satuan Reskrim atau Intel, tujuannya bukan tanpa sebab. Yaitu mengantisipasi kejadian yang sudah hampir terjadi sebelumnya di wilayah Polsek Jajaran, sehingga warga masyarakat dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan nyaman dan aman.” Tandas AKBP Oka.

Selanjutnya Kapolres juga menekankan bahwa selain meningkat peran personel Polri ditengah masyarakat sangat penting, sikap tanggap terhadap lingkungan juga sangat diperlukan.

“Sikap peduli lingkungan juga sangat diperlukan, apabila ada peristiwa di wilayah tempat tinggal personel, personel dapat langsung melakukan tindakan kepolisian maupun melaporkan berjenjang ke pimpinan atau piket Mako.” Ujarnya.

Kapolres diakhir amanatnya memberikan himbauan untuk disampaikan ke warga masyarakat Kab. Semarang, bahwa peran orang tua dalam menjaga pergulan anak anak dirumah juga berpengaruh. Lakukan kroscek jika mendapati anak anaknya berada diluar rumah, disaat jam sudah larut malam tanpa alasan kegiatan yang jelas.

“Jangan sampai anak anak kita menjadi pelaku atau korban kegiatan yang dapat menggangu keamanan kenyamanan masyarakat, terutama saat ini memasuki bulan penuh rahmat bulan suci Ramadhan.” Pungkasnya. (MBPN-Bei Okta)