• Kam. Jun 13th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Buka Asia Media Summit 2023, Wapres Ajak Insan Media Perkuat Peran Dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

ByMBP-NEWS

Mei 23, 2023

BALI | bhayangkaraperdananews.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meresmikan pembukaan Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023 di Grand Hyatt Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua BTDC, Jl. Nusa Dua, Benoa, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (23/05/2023). Pada kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan empat ajakan untuk para pelaku industri media khususnya di Kawasan Asia Pasifik untuk meningkatkan peran dalam upaya pembangunan ekonomi berkelanjutan.
 
“Pertama, saya percaya bahwa perubahan adalah keniscayaan. Kita semua harus bergerak untuk melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berubah cepat,” imbuh Wapres.
 
Lebih lanjut Wapres menyampaikan, adaptasi ini, bukan hanya sebatas terciptanya gawai baru dengan teknologi tinggi. Namun, kemampuan untuk beradaptasi dengan memanfaatkan jejak digital konsumen untuk menghasilkan keputusan serta menavigasi konten yang lebih baik ke depannya bagi kedua belah pihak, baik media maupun konsumen.
 
“Kedua, saya mengajak media untuk memperkuat peran dasar sebagai jembatan komunikasi dan informasi dalam pendidikan publik,” tutur Wapres.
 
Khususnya, tambah Wapres, pendidikan publik melalui penyebaran informasi yang valid secara konsisten di tengah derasnya arus informasi yang beredar.
 
Ketiga, Wapres mengajak media untuk memperkuat peran dalam isu-isu strategis diantaranya penguatan demokrasi, pemulihan ekonomi yang inklusif, literasi publik atas komitmen pencapaian taget-target pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, ekonomi hijau, dan perdamaian global. Sebab, untuk menginternalisasi isu-isu tersebut di masyarakat, diperlukan penyebaran informasi yang akurat dari media.
 
“Sejatinya, agenda pemerintah memang tidak dapat berjalan sempurna tanpa interaksi yang saling membangun antara negara dan masyarakat yang difasilitasi oleh media,” papar Wapres.
 
Keempat, Wapres juga mengimbau kepada seluruh pelaku industri media yang hadir, untuk dapat memanfaakan forum ini dengan sebaik-baiknya sebagai sarana diskusi untuk semakin mengoptimalkan peran media dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan global.
 
“Kekuatan media yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi dapat menjadi kekuatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” tegas Wapres.
 
“Saya yakin, jaringan media dari berbagai negara yang hadir pada Asia Media Summit ke-18 ini memiliki pengalaman untuk saling tukar pandangan dan membangun kolaborasi yang berguna dalam upaya pemulihan ekonomi secara berkelanjutan dan berkeadilan,” pungkasnya.
 
Sebelumnya, CEO Asia-Pacific Institute for Broadcsating Development (AIBD) Philomena Gnanapragasam mengajak para pelaku industri media untuk mengenali dan memanfaatkan kekuatan media di negara masing-masing untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan sejahtera bagi semua.
 
“Bersama-sama, kita dapat memanfaatkan potensinya untuk membangun ekonomi yang tidak hanya kuat dan tangguh, tetapi juga adil secara sosial dan bertanggung jawab terhadap lingkungan,” ujar Philomena.
 
“Saya menantikan partisipasi aktif dalam semua sesi dan berharap anda masing-masing kembali terinspirasi dan berkomitmen untuk membantu negara anda mencapai keberlanjutan ekonomi dengan memanfaatkan kekuatan media untuk menyebarkan informasi dan menarik minat publik,” tutupnya.

Hadir dalam acara ini diantaranya, Gubernur Bali Wayan Koster, Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn, Under-Secretary-General United Nations and Executive Secretary of UNESCAP Armida S. Alisjahbana, Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Iman Brotoseno, CEO Asia-Pacific Institute for Broadcsating Development (AIBD) Philomena Gnanapragasam, dan Vice President AIBD Rizal Giovanni Aportadera Jr.
 
Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan R. Gatot Prio Utomo. (MBPN-Arda/ Setwapres)