• Kam. Mei 23rd, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Dirjen Teguh Genjot Semangat Dinas Dukcapil se-Jabar Capai Target Nasional

ByMBP-NEWS

Mar 24, 2023

JABAR, bhayangkaraperdananews.com | Bandung – Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi berupaya menggenjot semangat jajaran Dinas Dukcapil se-Jawa Barat (Jabar). Upaya itu dilakukan Teguh lewat pertemuan bersama 27 Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil se-Provinsi Jabar. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Dinas Dukcapil Provinsi Jabar, Selasa (21/3/2023).

Dalam pertemuan itu, Teguh hendak menyerap berbagai kendala atau permasalahan yang ada, serta mendiskusikan rekomendasi solusinya.

Teguh mengaku bahagia dan bersyukur bisa hadir dan bersilaturahmi dalam keadaan sehat walafiat. Dirinya memohon doa dan dukungan hadirin dalam menjalankan tugasnya sebagai Dirjen Dukcapil. “Saya dilantik sebagai Dirjen Dukcapil, Rabu, 15 Maret 2023. Sebelumnya saya lama sebagai Kepala BPSDM Kemendagri selama lebih 6 tahun, kemudian menjadi Dirjen Bangda,” kata Teguh.

Menurutnya, Provinsi Jabar memiliki banyak prestasi besar dan membanggakan termasuk dalam bidang layanan Dukcapil. “Dari sisi Dukcapil, penduduknya 49,3 juta jiwa. Menyelesaikan di Jawa Barat berarti menyelesaikan 20 persen persoalan adminduk di Indonesia,” kata Teguh.

Dirinya membuka diri seluas-luasnya untuk bertukar pikiran dengan jajaran Dinas Dukcapil di Jabar. “Saya sudah memperkenalkan diri, HP (handphone) saya relatif tidak pernah mati 24 jam, jadi kalau ada hal penting ayo kita sama-sama bicarakan. Jangan sungkan-sungkan untuk berkomunikasi,” kata Teguh.

Teguh menegaskan, apa yang sudah diraih oleh Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota di Jabar agar terus dilanjutkan dan ditingkatkan kualitasnya. “Berbagai permasalahan mari kita atasi bersama. Ini kunjungan saya kedua sebagai Dirjen Dukcapil. Pertama saya lakukan pada Jumat (17/3/2023) dua hari setelah dilantik, saya melakukan safari ke Disdukcapil Banyumas dan Purbalingga,” ujarnya.

Dirinya mengaku telah melihat pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Bandung. Menurutnya pelayanan tersebut telah diberikan dengan sangat baik. “Dan saya yakin di tempat Bapak dan Ibu, ya beti (beda-beda tipis) lah,” kata Teguh.

Dirinya berpesan agar berbagai target nasional di bidang adminduk dan kedukcapilan terus ditopang dan didukung seluruh jajaran Dukcapil Jabar. Misalnya, target perekaman KTP-el di tahun ini sebesar 99,4 persen. Untuk Jawa Barat sampai 28 Februari 2023 sudah mencapai 99,12 persen. “Ayo masih ada waktu cukup lama untuk mengejar target tersebut. Insyaallah dengan energi yang luar biasa target nasional itu bisa dicapai,” kata Teguh menyemangati.

Target lainnya yakni mengenai kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Teguh berharap, Provinsi Jabar bisa mencapai 50 persen pada tahun 2023, dari yang sekarang baru mencapai 38,31 persen. “Jangan hanya mengandalkan langkah yang konvensional tetapi juga harus memantik langkah-langkah inovatif agar target tersebut bisa dikejar. Saya lihat di daerah banyak sekali kerja-kerja inovatif. Seperti ibu melahirkan si bayi mendapat akta lahir dan KIA, orang tuanya mendapat KK baru dan kartu BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Teguh juga menunjukkan KIA sebagai kartu diskon yang bekerja sama dengan merchant, sehingga anak-anak mendapatkan potongan harga di toko buku, tempat wisata, dan seterusnya.

Sedangkan untuk akta lahir, Teguh mengatakan, targetnya 98 persen. “Alhamdulillah di Jabar sudah tercapai.” Terkait dengan Buku Pokok Pemakaman (BPP) di Jabar sudah mencapai angka 36. Selanjutnya, terkait perjanjian kerja sama pemanfaatan data targetnya minimal dengan 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Di akhir pertemuan, Teguh menghadiahkan sebanyak 14 ribu keping blangko KTP-el untuk seluruh Dinas Dukcapil Jabar. Blangko tersebut diterima secara simbolis oleh Kadis Jabar Indrastuti Chandra Dewi. (MBPN-M.yus/Puspen Kemendagri)