• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Dua Desa di hantam angin puting beliung  di kecamatan Jarai

ByMBP-NEWS

Jun 16, 2022

LAHAT, bhayangkaraperdananews.com – Angin Puting beliung yang menghantam dua desa dikecamatan Jarai Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan rabu (16/6) meluluh lantak kan desa Bandar aji dan desa Tertap ratusan rumah warga di kedua desa tersebut mengalami kerusakan berat dan ringan mengakibatkan ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi kerumah warga lainnya, kerugian akibat bencana angin puting beliung tersebut ditengarai mencapai miliaran rupiah.

Cik Ujang, SH Bupati kabupaten Lahat bersama Sekda lahat Chandra SE. SH. MM. Dan ketua Dprd lahat Fitrizal Homizi ST beserta jajaran Partai Demokrat DPC Lahat, dinas Sosial BPBD, Dinkes,  Dandim 0405, Kapolres lahat yang diwakili kapolsek jarai, Bank Sumsel BABEL, Camat jarai dan forum Kades jarai area bergerak cepat turun kelokasi terjadinya bencana untuk memberikan bantuan kepada para korban.

Dalam kunjungannya tersebut Cik Ujang menyampaikan rasa prihatin dan bela sungkawanya atas musibah yang menimpa warga dua desa dikecamatan jarai tersebut.

” Semoga saudara saudara saya yang mengalami musibah dapat bersabar atas bencana yang terjadi, dan dapat dapat mengambil hikmah baik dari kejadian yang terjadi,”  ujarnya.

Sesaat setelah Selesai berkeliling meninjau kedua desa yang dilanda bencana Selanjutnya orang nomor 1 di kabupaten lahat tersebut menginstruksikan jajaran dan dinas terkait untuk mendata seluruh kerusakan akibat hantaman angin puting beliung dan secepatnya menurunkan bantuan kepada warga yang terdampak musibah.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD lahat Fitrizal Homizi ST juga memberikan bantuan uang tunai dan sembako kepada korban bencana.

” Untuk sementara waktu Sembako 90 kg/desa mie instan 30 dus makanan siap saji 12 dus air minerao  terpal 30 buah roti 30 dus selimut dan kasur 30 set bantuan tersebut diberikan kepada warga melalui kades setempat oleh Bapak bupati lahat Cik Ujang SH,” terang kepala dinas sosial lahat tersebut melalui sambungan telepon pribadinya.

Pantauan media ini dilokasi bencana di dapat data terkini kerusakan di kedua desa tersebut yaitu desa tertap sebanyak 11 rumah mengalami rusak berat 25 rumah rusak ringan dan 1 fasilitas umum (balai desa  mengakibatkan 36 kepala keluarga (kk) di desa Tertap terpaksa mengungsi kemudian data dari Desa Bandar aji sebanyak 100 kepala keluarga dari 33 rumah warga yang mengalami rusak berat dan 67 rumah rusak ringan serta 2 fasilitas umum.

Saat dikonfirmasikan kepada kepala BPBD lahat melalui kabid kedaruratan dan logistik Ananta ST.MT. membenarkan data tersebut.

” Iya benar kerusakan yang terjadi di kedua tersebut adalah 11 rumah di desa tertap dan 33 rumah warga di desa bandar aji mengalami kerusakan dari kategori berat dan ringan,” jawabnya singkat.

BPBD lahat dan Dinas Sosial lahat pada malam kejadian dan hari ini sudah menurunkan bantuan berupa sembako kepada para korban bencana,” tutupnya.*( MBPN-ZAINAL)