• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Gaji Operator Sekolah Di Aceh Singkil Hanya Dibayar 100 Ribu

ByMBP-NEWS

Jul 11, 2022

ACEH SINGKIL,Bhayangkaraperdananews.com – Sebanyak 46 operator sekolah menengah pertama (SMP) baik negeri maupun swasta dalam Kabupaten Aceh Singkil, mengikuti pelatihan data pokok pendidikan (Dapodik).

Pelatihan yang digelari oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 5-6 Juli 2022 yang lalu, di Aula Bappeda Aceh Singkil.

Kasi data dan pelaporan Disdikbud Aceh Singkil, Maya Seroja, mengatakan salah satu tujuan utama pelatihan itu adalah untuk membantu memudahkan kinerja para operator sekolah.

Ia menjelaskan, sebagai ujung tombak sekolah operator sangat berperan penting dalam melakukan pengentrian data, baik data siswa, data guru, maupun data sarana dan prasarana (Sarpras) Sekolah.

“Jadi, dengan pelatihan ini mereka jadi tahu bagaimana cara mengentri data dengan baik dan benar,” kata Maya Seroja, kepada media,Senin(5/7) di Singkil.

Menurutnya, pelatihan tersebut perlu dilaksanakan dengan harapan bahwa operator sekolah nantinya dapat meningkatkan kinerja agar dapat diterapkan dan di implementasikan di Sekolah masing-masing.

Disisi lain, Maya sempat mengutarakan bagaimana nasib kesejahteraan para operator sekolah, karena katanya, selama menjalankan amanah sebagai kasi data dan pelaporan menemukan Kemiringan atas upah atau honor oprator sekolah.

“Dengan beban kinerja besar yang bekerja hingga malam hari, para operator sekolah hanya diberi honor Rp100rb hingga Rp400 ribu per bulan. Itu disesuaikan dengan besaran dana bos yang diterima sekolah,” ungkapnya.

“Jadi saya harapkan untuk Pemerintah daerah bisa lebih memerhatikan sekolah ini agar diperhatikan untuk kesejahteraan mereka. Walau sudah pernah diusulkan penambahan, Namun belum terealisasi karena alasan kekurangan anggaran,” pungkasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan menggunakan biaya sebesar Rp 83 juta yang bersumber dari dana APBK tahun anggaran 2022. (MBPN_A1/02.HT)