• Sab. Jul 20th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Pangdam : Sertijab Bermakna Strategis Meningkatkan Kualitas Satuan Agar Lebih Efektif Dalam Tugas

ByMBP-NEWS

Mar 28, 2023

BALI, bhayangkaraperdananews.com – Saya Pangdam IX/Udayana atas nama seluruh warga Kodam IX/Udayana, dengan ini secara resmi menerima dan menyatakan : Kolonel Inf Agus Muchlis Latif, S.I.P., M.M., dan Kolonel Arm Untoro Hariyanto, S.I,P., M.I.P., dan Letkol Arh Teguh Waluyo, S.I.P., beserta keluarga sebagai warga Kodam IX/Udayana dengan ucapan selamat datang dan jadilah Prajajurit Praja Raksaka Sejati.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., saat memimpin acara Tradisi dan Sertijab Pejabat Kodam IX/Udayana bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Selasa (28/3/2023).

Adapun pejabat yang melaksanakan serah terima adalah Danrem 163/Wira Satya dari Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., kepada Kolonel Inf Agus Muchlis Latif, S.I.P., M.M., dan Asrendam IX/Udayana dari Kolonel Arm Johanes Toar Pioh, S.I.P., M.Si.(Han)., kepada Kolonel Arm Untoro Hariyanto, S.I,P., M.I.P.

Sedangkan Letkol Arh Teguh Waluyo, S.I.P., mengikuti acara tradisi penerimaan sebagai warga Kodam IX/Udayana yang baru dimana sebelumnya pada Selasa (14/3/2023) lalu secara resmi telah menerima tugas dan tanggungjawab jabatan dari Danrem 163/Wira Satya sebagai Dandim 1611/Badung.

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa pergantian pejabat di lingkungan TNI merupakan bagian dari mekanisme pembinaan organisasi dan personel sekaligus proses regenerasi kepemimpinan. Selain itu juga memiliki makna strategis untuk meningkatkan kualitas satuan agar lebih efektif dalam melaksanakan tugas satuan sehingga mampu menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks.

Terkait Bali Nusra yang menjadi wilayah Kodam IX/Udayana, Pangdam menjelaskan bahwa selain berbatasan darat langsung dengan Negara Timor Leste dan memiliki beberapa pulau terluar yang tentunya memerlukan pengawasan dan pengamanan ekstra, juga mempunyai tugas keprotokoleran pengamanan VIP dan VVIP yang intensitasnya cukup tinggi.

Khususnya Bali sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan even-even yang berskala nasional maupun internasional. “Ini menuntut kesiapan yang tinggi dari seluruh prajurit terutama Danrem 163/Wira Satya untuk mengantisipasi dan mencegah berbagai kemungkinan gangguan bahkan ancaman yang dapat menghambat pelaksanaan even-even tersebut,” tegas Pangdam.

Mengakhiri sambutan, Pangdam berharap agar apa yang disampaikan dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab, sehingga tugas dan tanggung jawab Kodam IX/Udayana dalam menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah Bali Nusra dapat berjalan dengan maksimal. (MBPN-Arda Oka/Pendam IX/Udy)