• Sel. Mei 17th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Tim BPHN Bersama Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Bali Lakukan Pemantauan Persiapan Peresmian Desa Sadar Hukum

Byadmin

Mei 13, 2022

TABANAN, bhayangkaraperdananews.com – Bertempat di tiga desa yaitu Desa Gubug Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan, Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati Kab. Gianyar dan Desa Akah Kecamatan Klungkung Kab. Klungkung dilakukan pemantauan terkait persiapan peresmian desa sadar hukum. Jumat, 13 Mei 2022.

Dengan didampingi Kepala Bagian Hukum, Camat dan Kepala Desa di masing-masing desa tersebut tim yang terdiri dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI bersama sama penyuluh hukum dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali mendengarkan secara langsung kesiapan dari masing-masing desa tersebut dalam pembinaan keluarga sadar hukum yang telah dibina termasuk keberadaan para legal dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang ada di desa.

Pada tahun ini akan diadakan rencana peresmian desa sadar hukum yang telah dilakukan pembinaan sebanyak 321 desa/kelurahan yang ada di Provinsi Bali yang akan diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI. Peresmian desa sadar hukum tersebut tidak terlepas dari terbentuknya pula Pos Pelayanan Hukum dan HAM yang ada di desa/kelurahan di Bali yang saat ini berjumlah 325 desa/kelurahan.

Dengan terus dilakukannya pembinaan dan juga tidak  terlepas dari keberadaan kelompok kadarkum yg ada di desa/kelurahan serta  keberadaan penyuluh hukum diharapkan kedepannya dapat meminimalisir  pelanggaran hukum/permasalahan hukum yang ada khususnya di Bali. (MBPN-Arda Oka)